Senin, 08 April 2013

Harga Jagung di Dompu, Tembus Rp 2.800/Kg


Harga Jagung di Dompu, Tembus Rp 2.800/Kg

Last Updated on Wednesday, 27 March 2013 07:00
Dompu,- Pasca penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat dengan PT Sarotama, Jakarta harga Jagung di Kabupaten Dompu menembus Rp 2.800 Kg Pipilan kering panen. Sebelumnya, harga jagung kering panen petani di Dompu hanya bekisar Rp 1.900 - 2.000 per Kg.

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin, Kepada Media, Senin (25/03/2013) mengatakan, kerjasama tersebut tidak mengikat petani untuk menjual hasi jagungnya ke PT Sarotama. Jika ada perusahaan yang mempu membeli lebih tinggi, Pemerintah meminta petani untuk menjualnya dengan harga tinggi.
"buktinya sekarang jagung mencapai Rp 2.800 sampai dengan Rp 2.900 per Kilonya kok. PT Sarotama akan menalangi jika harga dibawah Rp 2.000 dengan harga Rp 2.000 per Kg. Jagung itu milik petani mau dijual kemana saja, asal menguntungkan, silahkan saja," katanya.
Ia menambahkan, wilayah kerja PT Sarotama dengan Pemkab Dompu untuk tahap awal hanya melayani beberapa kelompok tani yang bernaung di bawah koperasi yang dibentuk kelompok tani. Luas lahannya dalam kerjasama awal tersebut, hanya mencapai 5.300 hektar. Di Kabupaten Dompu, pada tahun 2013 ini menargetkan seluas 35 ribu hektar. Bupati masih menunggu investor yang mau melakukan kerjasama lagi, namun dengan catatan penetapan harga di atas atau sama dengan PT Sarotama.
Ia memprediksi, jaminan harga pasar ini akan kembali membangkitkan animo petani untuk kembali melakukan penanaman jagung di Kabupaten Dompu. Sebelumnya, target seluas 35 ribu hektar pada tahun ini hanya terealisasi seluas 32 ribu hektar. Cuaca dan tidak ada jaminan harga, membuat petani mengalihkan ke komoditi lainnya, bukan komoditi unggulan daerah ini.



Harga Jagung di Dompu, Tembus Rp 2.800/Kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar dan informasi tambahan dari pembaca.
Salam kami : bns_indonesia