Rabu, 26 Desember 2012

ALAT PEMIPIL JAGUNG SEDERHANA


ALAT PEMIPIL JAGUNG TIPE TPI
Alat pemipil jagung tipe TPI adalah alat pemipil manual yang digunakan pada jagung dengan ukuran tertentu. Dengan demikian, apabila ukuran jagung cukup beragam maka diperlukan alat pemipil jagung tipe TPI lebih dari satu buah. Ukuran tertentu dari jagung tersebut tidak mutlak harus satu ukuran,tetapi dapat dimanfaatkan untuk selang ukuran yang mendekati ukuran rata-rata dari jagung yang ada.


Cara Kerja
Pengoperasian alat pemipil jagung tipe TPI ini sangat mudah, yaitu hanya dengan memasukkan tongkol jagung yang terkupas pada alat pemipil lalu memutamya dengan pemberian tekanan pada kedua tangan operator. Hal penting yang perlu diperhatikan pada saat proses pemipilan ini adalah dilakukannya pengelompokan ukuran tongkol jagung sehingga dapat mempercepat proses pemipilannya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penyediaan bak penampung dengan diameter yang cukup lebar. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terlempamya jagung yang telah terpipil keluar dari bak penampungan.


Spesifikasi Teknis
Prinsip kerja alat ini cukup sederhana karena jagung yang telah terkupas tinggal dimasukkan pada alat pemipil kemudian diputar dan disediakan bak penampung untuk menampung jagung yang telah terpipil. Kapasitas alat ini antara 12-15 kg/ jam/orang.


Sumber
Alsintan Pemipil dan Penggiling Jagung, Kisdiyani Raharjo, Penebar Swadaya, 1996