Selasa, 02 Juli 2013

Harga Jagung di Petani Lokal Jawa Tengah Menembus Level Harga Rp. 3.300,- per Kg, Berapa Harga Pembelian BNS ?

BNS Semarang


Setelah mengalami fluktuasi harga di akhir bulan Juni 2013, sejak tanggal 1 Juli 2013 BNS menetapkan harga beli untuk pembelian
a/ Jagung pipil kering KA standar 17% dengan harga Rp. 3.150,- per Kg.
b/ Jagung pipil basah KA 28 - 30% dengan harga Rp. 2.200,- per Kg.

Harga jagung di tingkat petani masih bervariasi dan belum mempunyai patokan harga jual. Jagung basah pipilan masih banyak ditahan petani dengan permintaan harga sampai Rp. 2.400,- per Kg. Demikian pula halnya dengan jagung kering, banyak petani masih menahan persediaan jagung kering KA 18% - 20% dengan permintaan harga sebesar Rp. 3.000,- sampai Rp. 3.300,- per Kg.

Apakah harga jagung masih akan naik terus sampai akhir bulan Juli 2013 nanti ?   



Naik atau pun tidak naik, semoga semua stake holder dalam tata niaga jagung dapat menjalankan peranan sesuai tanggungjawab masing-masing pihak dengan sebaik-baiknya. Perdagangan yang fair dan jujur tentu akan memberikan manfaat yang saling menguntungkan semua pihak terkait. 

Dalam perdagangan jagung BNS selalu berusaha agar Petani dan mitra pedagang tetap mendapatkan keuntungan yang baik dan mitra industri peternakan tetap bisa memperoleh jagung bermutu baik dengan harga dalam jangkauan anggaran produksi mereka.

Mari kita stop import jagung dengan cara memperbaiki kualitas hasil pasca panen dan menyetarakan harga sesuai kemampuan daya beli peternak dan industri feedmill. Bilamana harga jagung sudah diatas plafon peternak dan industri, maka mereka pasti akan melakukan import untuk menyeimbangkan harga jagung di tingkat lokal dan nasional.