Jumat, 19 Juli 2013

Harga Jagung Berjangka Untuk Kontrak Pengiriman Desember Turun 0.4 persen menjadi 4.9875 dollar per bushel

Updates 19 Juli 2013 - 22.50 WIT
(Vibiznews – Commodity) – Pada perdagangan hari ini harga jagung berjangka terpantau mengalami penurunan untuk tiga hari berturut-turut dan nyaris mencapai posisi paling rendah dalam lebih dari satu minggu belakangan (19/07). Penurunan harga jagung tersebut terjadi di tengah sinyal bahwa cuaca yang lebih dingin dan basah di daerah penanaman jagung di AS akan mendorong kondisi tanaman dan berpotensi meningkatkan produksi. Harga komoditas gandum tampak mengalami penurunan dan mengarah ke penurunan mingguan.

Harga jagung berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Desember mengalami penurunan sebesar 0.4 persen dan ditransaksikan pada posisi 4.9875 dollar per bushel pada perdagangan hari ini. Kemarin harga jagung berjangka untuk kontrak paling aktif tersebut mengalami penurunan hingga mencapai posisi 4.94 dollar per bushel dan merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 8 Juli lalu. Harga jagung mengarah untuk mengalami penurunan sebesar 2 persen minggu ini.

Harga jagung berjangka telah mengalami penurunan sebsar 29 persen sepanjang tahun 2013 ini. Produksi di Amerika Serikat mengalami peningkatan yang signifikan setelah tahun lalu mengalami penurunan akibat kekeringan parah yang terjadi di negara tersebut.

Departemen Pertanian AS memperkirakan bahwa pasokan jagung di AS akan meningkat pesat seiring dengan produksi yang mencapai rekor tertinggi. Diperkirakan produksi jagung musim ini akan mencapai angka 13.95 miliar bushel.

Pada perdagangan hari ini harga jagung berjangka diperkirakan akan cenderung mengalami penurunan lanjutan seiring dengan kuatnya potensi pasokan. Untuk hari ini harga komoditas ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 4.9 – 5.2 dollar.

(IA/JA/VBN) 
 
 
sumber : vivanews.com 
By Ika Akbarwati ,Vibiznews Analyst
Economy Research Senior Analyst - Vibiz Research, Vibiz Consulting
Analis Lulusan FEUI tahun 2006 ini bekerja di Vibiz Consulting sejak tahun 2007.