Senin, 03 Juni 2013

Harga Jagung Akan Cenderung Naik Sampai Bulan Juli 2013 ... ? | Analisa Perkembangan Harga Jagung

Setelah mengalami penurunan harga yang cukup dalam di bulan Maret 2013, harga jagung mengalami naik-turun yang disebabkan oleh banyak hal dalam perdagangan international dan nasional Indonesia.
Sejak awal bulan April 2013 harga jagung termasuk cukup stabil. Harga jagung mulai merambat naik di akhir bulan Mei 2013.

Apakah harga jagung akan stabil di bulan Juni 2013 ini ?
Berdasarkan history harga jagung dari tahun ke tahun di pasar berjangka CBOT, menurut pendapat BNS harga jagung akan cenderung stabill pada harga 6.624 dollar US selama minggu pertama bulan Juni 2013.
Tingginya harga jagung international tertolong oleh adanya panen di sebagian sentra jagung Indonesia.
Cuaca yang ternyata masih sering hujan akan menyebabkan harga jagung di tingkat petani masih sedikit tertekan.

Data Perkembangan Harga Jagung di pasar perdagangan berjangka CBOT 
dalam 3 bulan ( Maret - Juni 2013 ) :


 Penurunan harga jagung terdalam terjadi pada awal bulan April 2013. Harga jagung kembali bergerak naik di akhir bulan Mei 2013.

Pada 31 Mei 2013, harga perdagangan jagung berjangka ditutup pada level  6.62 dollar US per bushel.
Data Perkembangan Harga Jagung di pasar perdagangan berjangka CBOT 
dalam 6 bulan ( Desember 2012 - Juni 2013 ) :


 Walaupun dibilang "mengalami kenaikan harga", sebenarnya harga jagung saat ini masih lebih murah bila dibandingkan harga jagung pada bulan Januari - April 2013.

Harga saat ini hanya 6.62 dollar US, sedangkan harga terendah di bulan Januari - Maret 2013 masih diatas 6.80 dollar US per bushel.




 
Data Perkembangan Harga Jagung di pasar perdagangan berjangka CBOT 
dalam 12 bulan terakhir ( Juni 2012 - Juni 2013 ) :


Setelah mengalami kenaikan harga tertinggi pada bulan Juli 2012, harga jagung cenderung turun dan belum bisa mendapatkan harga setara seperti di bulan juli 2012 tersebut. 
Harga Jagung pada bulan juli 2012 mencapai lebih dari 8 dollar US per bushel, sedangkan harga tertinggi di tahun 2013 masih dibawah 7.50 dollar US per bushel.





Data Perkembangan Harga Jagung di pasar perdagangan berjangka CBOT 
dalam 24 bulan :



 Seperti yang terjadi dalam bulan April - Juni 2013, harga jagung pada bulan yang sama di tahun 2012 juga mengalami penurunan dan kenaikan di bulan Juni sampai Juli.

Apakah harga jagung akan mengalami kenaikan sampai bulan Juli 2013 ?
Silahkan Anda menganalisa dan memadukan semua faktor yang mempengaruhi harga jagung.
BNS berpendapat, bahwa harga jagung akan cenderung naik sampai puncaknya di bulan Juli 2013. Harga akan kembali turun menjelang akhir bulan Juli 2013 sampai awal bulan September 2013. 
  

Data Perkembangan Harga Jagung di pasar perdagangan berjangka CBOT 
dalam 36 bulan terakhir ( 2011 - 2013 ):



 Histori harga jagung dari tahun ke tahun dapat digunakan untuk melakukan prediksi trend perkembangan harga dimasa sekarang.

Salah satu penentu harga adalah adanya keseimbangan antara permintaan dan persediaan.

Permintaan jagung selalu naik dari tahun ke tahun. Sedangkan persediaan jagung dapat diprediksi dari histori masa panen dari bulan ke bulan setiap tahunnya secara nasional di kawasan Indonesia dan di kawasan negara negara penghasil jagung di luar Indonesia. 
Kondisi politik nasional dan internasional, kondisi perdagangan minyak dan hasil peternakan, kondisi cuaca dan bencana alam juga mempengaruhi harga jagung, tapi sifatnya hanya sesaat. Faktor terkuat dalam terjadinya harga tetap pada perbedaan antara permintaan dan persediaan.

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar dan informasi tambahan dari pembaca.
Salam kami : bns_indonesia