Kamis, 23 Mei 2013

Harga Jagung di Langkat Sumatera Utara 2.350 - 2.900 per Kg Sesuai Kualitas dan Kadar Air


LANGKAT – Produksi jagung petani Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, ditargetkan mencapai 184.666 ton pada 2013, meningkat sekitar 55.549 ton dari 2012. “Kami targetkan ada peningkatan produksi jagung pada 2013,” kata Kepala Dinas Pertanian Langkat Basrah Daulay di Stabat, hari ini.

Peningkatan yang direncanakan itu sekitar 55.549 ton dari 2012 sekitar 129.545 ton, katanya. Untuk itulah instansinya terus mendorong petani untuk menanam jagung, apalagi harga jual jagung yang cukup tinggi sekarang ini. “Karena harga jual jagung cukup tinggi kami dorong petani untuk menanam jagung,” ujarnya.

Apalagi harga jagung sekarang ini kisaran Rp 2.350 – Rp 2.900 per kilogramnya, sehingga sangat menguntungkan bila menanamnya. Basrah juga mengungkapkan bahwa sentra tanaman jagung terbesar untuk Langkat berada di kecamatan Sei Bingei, Stabat, Hinai.

Selain mendorong petani bertanam jagung, pihaknya juga mengusahakan berbagai bantuan untuk petani jagung melalui dana APBN, APBD provinsi maupun APBD kabupaten. Petani masih sangat membutuhkan corn sheller (mesin perontok jagung) bila ditaksir ada sekitar 773 unit lagi yang dibutuhkan.

Berdasarkan data yang ada m dari 1995 s/d 2012 bantuan yang diterima petani baru sekitar 78 unit, selain itu swadaya petani sendiri ada sekitar 49 unit, sehingga total corn sheller sekarang ada sekitar 127 unit dilapangan.

Secara keseluruhan jumlah kebutuhan corn sheller sekitar 900 unit, sehingga masih terdapat kekurangan lagi yang cukup besar, katanya. Basrah juga menjelaskan bahwa berbagai cara terus dilakukan instansinya untuk mempertahankan swasembada jagung ini diantaranya peningkatan optimalisasi penggunaan lahan, menghimba petani untuk tidak melakukan pengalihan fungsi lahan.

Memperbanyak alat mesin pertanian, mencari sumber air untuk menjad irigasi, serta meningkatkan SDM petani dan petugas melalui pendidikan, pelatihan, penyuluhan, serta pembuatan petak-petak percontohan.
Sumber : www.waspada.co.id