Minggu, 31 Agustus 2014

Ayo Membuat NASI JAGUNG

Mengonsumsi makanan yang beragam akan membuat asupan kebutuhan gizi tubuh semakin lengkap. Tidak ada salahnya Anda mecoba sumber karbohidrat lain pengganti nasi, mi dan roti. Nasi jagung misalnya, nasi ini sangat potensial sebagai pengganti nasi beras. Citarasanya gurih serta lezat, dan nutrisinyapun cukup memadai.
Sudah saatnya, kita membiasakan mengonsumsi suber karbohidrat selain nasi dan terigu. Kedua bahan pangan ini selain mahal juga sebagian besar produk impor. Jika jagung yang murah dan mudah didapat bisa dijadikan nasi yang lezat kenapa tidak. 

Berikut resep nasi jagung yang bisa Anda coba di rumah. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo
Nasi Jagung

Bahan:
1 ½ kg biji jagung kering
200 ml air mendidih
150 ml air

Cara Membuat:
1. Tuang jagung dan 100 ml air ke dalam lumpang. Tumbuk jagung kering menggunakan lumpang dan alu (dipelocoh),  hingga kulit air dan dedak terkelupas.  Cuci bersih agar dedak dan kulit ari terpisah dengan biji jagung.

2. Rendam biji jagung selama dua malam. Cuci bersih, tiriskan.

3. Tumbuk biji jagung atau giling hingga menjadi tepung yang halus.

4. Perciki tepung jagung dengan 150 ml air sedikit demi sedikit sambil diremas-remas dengan telapak tangan (diguyeng) dan ditampi menggunakan tampah (diinteri) agar terbentuk butiran-butiran halus.

5. Kukus sampai setengah matang (aron nasi). Angkat. Selagi panas, gangsur dan urai dengan cara ditekan-tekan dan diurai menggunakan punggung centong nasi sambil diperciki air panas hingga berbutir butir nasi jagung yang terurai. (Perhatikan tekstur nasi jika sudah lembab, hentikan penambahan air, jangan terlalu lembek)

6. Kukus aron nasi hingga nasi benar-benar matang. Angkat. Urai kembali nasi jagung dengan centong hingga terbentuk butiran nasi jagung. Atur di atas bakul nasi.

7. Sajikan hangat dengan lauk pauk seperti urap sayuran, ayam goreng, peyek kacang/teri dan sambal sehingga tercipta menu dengan giziyang sehat dan seimbang.
Untuk 8 Porsi

Tip: Semua jenis jagung bisa dijadikan nasi jagung baik varietas putih maupun kuning, jagung hibrida maupun lokal.