Jumat, 21 Februari 2014

10 Parameter Penentu Hasil Panen Jagung

Margin keuntungan untuk penanaman jagung diproyeksikan akan lebih rendah pada tahun 2014 ini dan petani akan lebih tertarik pada program dan komoditi lain yang akan meningkatkan hasil dan keuntungan mereka. 

Mengapa keuntungan bertani jagung bisa mengalami penurunan ?
Selain karena harga jagung di pasaran yang diproyeksikan stabil rendah di sepanjang tahun 2014 ini, petani juga berhadapan dengan masalah teknis bertanam, kondisi tanah, dan cuaca yang sangat berpengaruh pada tingkat hasil panen jagung yang mereka usahakan. 

Sebelum memutuskan apakah akan beralih menanam komoditi non jagung di tahun 2014 ini, marilah kita luangkan waktu untuk melihat beberapa parameter kunci untuk mendapatkan hasil panen yang tinggi pada jagung yang anda tanam.
Ada beberapa hal yang jika dilakukan dengan benar akan memberikan hasil panen jagung yang sangat baik.
Chad Lee ahli pertanian dari University of Kentucky memberikan acuan 10 parameter sebagai chekcklist dalam usaha mendapatkan panen jagung yang baik.

10 Parameter Penentu Hasil Panen Jagung

1. Tanah produktif  
( humus dalam, kesuburan memadai, tidak ada pemadatan, drainase yang sangat baik)
2.  Curah hujan atau irigasi tepat waktu dan memadai.
3. Menggunakan benih varietas yang baik 
( produktivitas tinggi, ketahanan penyakit yang sesuai dengan lokasi penanaman )
4. Rotating jagung dengan tanaman lain
5. Menanam pada waktu yang tepat ( kondisi tanah yang baik dan prakiraan menguntungkan mungkin lebih penting daripada kalender )
6. Menggunakan populasi yang sesuai 
7. Menerapkan N yang memadai ( pemantauan kerugian, menyesuaikan nanti jika mungkin )
8. Bisa mendapatkan 95% sinar matahari di sekitar lahan penanaman jagung (tahap pertumbuhan R1)
9. Mendapatkan pengendalian gulma yang baik ( lakukan pemberantasan gulma sebelum mereka tumbuh lebih tinggi dari 10 cm )
10. Peka terhadap adanya penyakit dan hama ( membuat keputusan manajemen berdasarkan fakta di lapangan dan prakiraan).

Jika semua parameter ini bekerja untuk Anda, maka hasil yang tinggi tentu akan mengikuti. 
Sebagai petani kita biasa berencana untuk musim mendatang, coba bandingkan catatan Anda dengan 10 checklist paramener diatas. 
Apakah Anda melakukan semua hal dengan benar dan pada waktu yang tepat ? Apakah Anda memiliki masalah pemadatan tanah atau masalah drainase ? 
Apakah Anda memiliki tanah yang lebih rentan terhadap kekeringan ? 
Pikirkan tentang tindakan parameter apa yang telah Anda lakukan dengan sangat baik dan melihat bagaimana praktek-praktek tersebut dibandingkan dengan orang-orang disekitar Anda. 

Jika Anda memiliki ide-ide tentang apa lagi yang mungkin diperlukan dalam sistem hasil tinggi dalam pertanian jagung, marilah kita saling berbagi pengalaman dan pengetahuan agar dapat menjadi bahan pembelajaran oleh kami petani jagung.