Minggu, 27 Januari 2013

1 Bushel Jagung itu setara dengan berapa Kilogram ?

Queensland Government Imperial Bushel - AD1875

Berapa kilogram berat jagung pipilan kering dalam setiap 1 bushel ?

Bushel atau Gantang adalah sebuah unit pengukuran yang berlaku di AS sejak masa kolonial untuk menakar volume kering / dry volume suatu barang komoditas perdagangan. 
Satu Bushel atau satu GANTANG setara dalam masing-masing sistem untuk mematuk 4 atau 8 galon. 
Satuan Bushel digunakan untuk volume komoditas kering (bukan cairan), paling sering di digunakan untuk komoditas pertanian. Saat ini satuan Bushel paling sering digunakan sebagai satuan massa atau berat bukan volume.
Bushel sering disingkat BSH. atau bu. Dalam penggunaan modern, volume kering biasanya hanya nominal, dengan gantang mengacu pada bobot standar sebagai gantinya.

Bushel atau Gantang dalam bahasa Indonesia, karena istilah gantang sangat langka dipakai maka dalam tulisan ini saya akan menggunakan bahasa aslinya yaitu Bushel. 
Satuan bushel sampai sekarang tetap digunakan sebagai unit ukuran dalam perdagangan komoditas pertanian, khususnya di Amerika dan eropa. Jika anda perhatikan data/ laporan/ berita perdagangan jagung di pasar berjangka CBOT Nasdaq yang jadi patokan dalam penentuan harga jagung dunia, satuan yang digunakan adalah Bushel, bukan kilogram seperti biasa dipakai di Indonesia.

A full bushel is lower right represented by a basket.

1BUSHEL SETARA DENGAN BERAPA KILOGRAM ? 


Ketika anda membaca berita tentang harga jagung di pasar berjangka CBOT yang menyebutkan bahwa harga jagung sekarang adalah $7,20 per bushel, pernahkah Anda bertanya ... so berapa harga per kilogram ? dan satu bushel itu setara berapa kilogram ?

Satuan Bushel digunakan di mana biji-bijian yang dibeli dan dijual di pasar komoditas atau pada lelang gandum lokal di AS dan Eropa, dan untuk laporan produksi biji-bijian, semua dalam satuan berat. 
Hal ini dilakukan dengan menetapkan bobot standar untuk masing-masing komoditas yang akan diukur dalam bushel. 
Jadi satu bushel setara dengan berapa kilogram, ini tergantung pada komoditas yang diukur dan kadar air. Bahkan, kadang di antara negara bagian di AS sendiri mempunyai perbedaan dalam standar satuan bushel.

Beberapa standar satuan bushel yang sudah umum digunakan dalam penyetaraan pada satuan berat adalah sebagai berikut :

Oats:
Bushel Table Of State
USA   : 1 bushel = 32 lb = 14,5150 kg   
Kanada: 1 bushel = 34 lb = 15,4221 kg

Barley: 
1 bushel = 48 lb = 21,7724 kg

Malt barley: 
1 bushel = 34 lb = 15,4221 kg

=====================================

JAGUNG PIPILAN ( Kadar Air 15,5% berat): 

1 bushel  =  56 lb  =  25,4012 kg

=====================================

Gandum ( Kadar Air 13,5% berat): 
1 bushel = 60 lb = 27,2155 kg

Kedelai ( Kadar air 13% berat): 
1 bushel = 60 lb = 27,2155 kg


Nilai spesifik lain yang didefinisikan (dan definisi tersebut dapat bervariasi dalam yurisdiksi berbeda, termasuk dari negara bagian ke negara di Amerika Serikat) untuk biji-bijian lain, minyak sayur, buah-buahan, sayuran, batubara, rambut, dan komoditas lainnya.
Kebijakan pemerintah di Amerika Serikat adalah untuk phase out unit seperti bushel dan menggantinya dengan massa setara metrik.
Istilah "Bushel" juga telah digunakan untuk menerjemahkan non-AS unit dengan ukuran yang sama dan kadang-kadang berbagi asal, seperti "Scheffel" di Jerman.


Referensi :

1. "Bushel". Oxford English Dictionary  (Second ed.). Oxford, England. 1989.

2. William J. Murphy. "Tables for Weights and Measurement: Crops"  University of Missouri Extension. Retrieved 2008-12-18.












































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar dan informasi tambahan dari pembaca.
Salam kami : bns_indonesia